masdar


MASDAR

A.    Pengertian Masdar

اَلْمَصْدَرُ هُوَ الدَّالُ عَلَى الْحَدَثِ مُجَرَداً عَنِ الزَّمَانِ مُتَضَمَناً اَحْرُفَ فِعْلِهِ

Artinya: “Masdar yaitu lafadz yang menunjukkan makna hadats tanpa disertai zaman yang memuat semua huruf fi’ilnya.”

Sedangkan yang dimaksud hadatz ialah: الْمَعْنَى الْقَائِمُ بِالْغَيْرِ, yaitu sesuatu yang melekat pada perkara lain, bisa pekerjaan atau yang lain.

contoh

-          علم – علما

-          secara perkiraan قاتل – قتالا

-          dengan penggantian kata yang telah terhapus contoh وعد – عدة.


B.     Wazan-wazan Ghoiru Tsulatsi, Marroh, dan Hai’ah

a.      Mashdar ghoiru tsulatsi

a)       Mashdar af’ala, fa’ala dan faa’ala (أفعل, فعّل, فاعل).

1.      Af’ala

افعال (if'aalun), apabila shohih ‘ain misalnya: اكرم – اكراما.

افالة(ifaalatun), apabila mu’tal ‘ain misalnya: أقام – اقامة.
Apabila mu’tal lam, maka lam fi’ilnya pada bentuk mashdar diganti hamzah contohnya:
أعطى – اعطاء.


2.      Fa’ala

تفعيل(taf’iilun), apabila shohih lam dan bukan mahmuz lam contohnya: عظّم – تعظيم. Dan terkadang bentuk mashdarnya adalah تفعلة contohnya: جرّب – تجربة.
تفعلّة(taf’illatun), apabila mu’tal lam contohnya: وصّى – وصيّة.
تفعيل/ تفعلة, apabila mahmuz lam contohnya: خطّأ – تخطيء, تخطئة.
تفعال(taf’aalun), contohnya: كرّر – تكرار.
Dan ada pula yang keluar dari aturan kaidah shorfiyyah, antara lain:
فعّال (fi’aalun) dengan kasroh fa’ fi’ilnya contoh كذّاب, كلام. Dan تفعّال (tafa’aalun) misalnya تطوّاف karena sering digunakan dalam percakapan.



3.      Faa’ala
فعال dan مفاعلة”fi’aalun dan mufaa’alatun” contohnya جوار, متجاورة . dan apabila mu’tal lam, maka diganti hamzah pada bentuk mashdarnya contohnya; والى – ولاء. Dan terkadang mashdar dari faa’ala adalah فيعالcontoh قاتل - قيتال.

b)      Mashdar fa’lala al mulhaq bih (فعلل)
فعللة “fa’lalatun”Contoh حوقلة, حلببة .
فعلال “fi’laalun”Yang mempunyai bentuk bina’ selain bina’ mudho’af سرهاف, حيقال .


c)       Mashdar yang berjumlah 5 (lima) pada fi’ilnya.
انفعل – انفعال ؛ انطلق – انطلق
افتعل – افتعال ؛ اجتمع – اجتماع
تفعّل – تفعّل ؛ تكلّم – تكلّم
افعلّ – افعالّ ؛ احمرّ – احمرّ
تفاعل – تفاعل ؛ تصالح – تصالح
تفعلل – تفعلل ؛ تدحرج – تدحرج
Apabila dari fi’ilnya mu’tal akhir, maka harus diawali hamzah dan huruf yang terkhir diganti dengan hamzah contohnya:
انطوى - انطواء . Dan apabila mu’tal akhir pada wazan “تفاعل, تفعّل“ seperti , maka alif dan huruf sebelumnya berharokat kasroh, contohnya:التأنّى – التغضّى .


d)      Mashdar yang berjumlah 6 (enam) pada fi’ilnya.
استفعل – استفعال ؛ استغفر - استغفار.
افعوعل – افعيعال ؛ اخشوشن - اخشيشان.
افعوعل – افعوّال ؛ اعلوّط - اعلوّاط.
افعالّ – افعلال ؛ ادهامّ - ادهمام.
افعنلل – افعنلل ؛ احرنجم -احرنجام.
افعللّ – افعلال – اقشعرّ - اقشعرار.
Apabila berbentuk bina’ mu’tal akhir, maka huruf akhirnya diganti hamzah contoh
استولى - استولاء .


b.      Masdar marroh atau masdar ‘adad

مَصْدَرُ الْمَرَّةِ هُوَ مَا يَذْكُرُ لِبَيَانِ عَدَدِ الْفِعْلِ

Artinya:“Masdar marroh ialah kalimah (masdar) yang menjelaskan bilangan sesuatu pekerjaan.”

Maka jika kita menghendaki ma’na marroh, kalau dari fi’il tsulasi mujarrod maka ikut wazan wazan فَعْلَةً, contoh: ضَرَبْتُ زَيْداً ضَرْبَةً (Aku memukul zaid dengan sekali pukulan). Kecuali jika lafadznya ada ta’ ta’nis seperti lafadz رَحْمَةً، نِعْمَةً, maka kalau ingin menghendaki ma’na marroh, setelah lafadz tersebut harus menyebutkan lafadz ‘adad (bilangan), contoh:  رَحَمْتُهُ رَحْمَةً وَاحِدَةً. Jika fi’il ghoiru tsulatsi maka lafaz masdar yang dikehendaki ma’na marroh harusnya ditambah ta’, contoh: اَكْرَمْتُ زَيْداً اِكْرَامَةً

c.      Masdar nau’ atau masdar haiah

مَا يَذْكُرُ لِبَيَانِ نَوْعِ الْفِعْلِ وَصِفَتِهِ

Artinya: “Masdar nau’ ialah kalimah (masdar) yang untuk menjelaskan bentuk dan sifat dari suatu pekerjaan.”

Maka jika menghendaki ma’na tersebut, kalau dari fi’il tsulasi mujarrod, maka ikut wazan فِعْلَةً, contoh: عَاشَ زَيْدٌ عِيْشَةً حَسَنَةً (Zaid hidup dengan kehidupan yang baik). Selanjutnya jika dari fi’il ghoiru tsulasi maka masdarnya dengan sifat yang masdar nau’ (haiah), contoh: اَكْرَمْتُ زَيْداً اِكْرَاماً عَظِيْماً (Aku memuliakan zaid dengan memuliakan yang agung).

SUMBER

Anwar, Moch., Ilmu Sharaf / KH. Moch. Anwar, Bandung: Sinar Biru Algensindo, 1996

Midkhol Syanwani al roziah, Al-maqoshid ash-shorfiyyah, Jombang: Darul Hikmah 2009

Hamid  Abdul Manaf, Pengantar Ilmu Shorof, Nganjuk: Fathul Mubtadiin, 1993

Bahauddin Syech A, Syarah Ibnu ‘Aqil


Comments